SISTEM MANAJEMEN ANTI PENYUAPAN

admin_plne, 17 Nov 2020

PT PLN Enjiniring Mengimplementasikan SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan

PT Prima Layanan Nasional Enjiniring (“PLNE”) merupakan salah satu Anak Perusahaan PT PLN (Persero) yang bergerak dibidang jasa konsultansi enjiniring ketenagalistrikan dan saat ini sedang mengimplementasikan SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (“SMAP”) di Lingkungan PLNE. Implementasi SMAP di lingkungan PLNE merupakan bukti nyata bahwa PLNE menjunjung tinggi nilai integritas dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) serta menerapkan Prinsip 4 No’s yaitu No Bribery, No Kickback, No Gift, and No Luxurious Hospitality.

Program implementasi SMAP merupakan salah satu bagian dari program transformasi PLN di lingkungan PLN Group untuk mewujudkan lingkungan PLN yang lebih efektif, efisien dan transparan dalam menjalan bisnis pada sektor ketenagalistrikan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan stakeholders. Selain itu, implementasi SMAP juga merupakan bagian dari implementasi core value BUMN yaitu AKHLAK yang merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Untuk mengimplementasikan SNI ISO 37001:2016 SMAP, PLNE telah menerbitkan kebijakan yang mendukung penerapannya yaitu Pedoman GCG, Pedoman PLNE Bersih dan Profesional, Pedoman Pengendalian Gratifikasi, Pedoman LHKPN, Kebijakan Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistleblowing System), Pedoman Perilaku (Code of Conduct), Kebijakan Anti Fraud, Kebijakan Pengelolaan Konflik Kepentingan serta Pedoman Manajemen Risiko.

Dengan penerapan SMAP ini diharapkan dapat memperkuat pondasi di dalam diri Insan PLNE untuk menyelenggarakan layanan jasa konsultansi enjiniring ketenagalistrikan yang tidak hanya semata-mata untuk meraih keuntungan ekonomis tetapi juga mempunyai komitmen dalam menjunjung nilai-nilai etika bisnis sehingga dapat terus menciptakan produk-produk yang berkualitas.

PLNE akan berkomitmen untuk selalu melakukan perbaikan berkelanjutan guna peningkatan implementasi SMAP.

Download Materi Penerapan SMAP Untuk Mitra PLNE