CSR

admin_humas, 12 Oct 2022

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

PT PLN Enjiniring (PLNE) adalah salah satu Anak Perusahaan PT PLN (Persero) yang mengemban tugas untuk mendukung pelaksanaan pembangunan sistem ketenagalistrikan khususnya pada bidang Jasa Enjiniring Ketenagalistrikan.

Dalam kegiatan operasionalnya, PLNE seringkali berinteraksi dengan masyarakat. Untuk itu PLNE senantiasa menyadari agar selalu memberikan kepedulian kepada lingkungan, baik masyarakat di lingkungan kantor, di lokasi sekitar proyek maupun di lokasi dimana PLNE melakukan aktivitas.

Sebagai Perusahaan, PLNE berupaya untuk selalu mematuhi dan memenuhi aturan Pemerintah cq Kementerian BUMN yang mengatur praktik Good Corporate Governance (GCG) atau Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Manfaat nyata dari pemenuhan GCG diharapkan akan kembali kepada PLNE dalam bentuk dukungan kerja bagi Korporasi dan setiap individu karyawan PLNE. Adapun salah satu praktik GCG yang diterapkan yakni pelaksanaan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Melalui pendekatan partisipatif, berdasarkan masyarakat dan sumber daya yang terus berlanjut, mengacu pada tindakan dan peraturan lingkungan yang berlaku, perusahaan membangun skema pengembangan dan pelestarian lingkungan, menyampaikan pengembangan kesadaran lingkungan dan etiket di kalangan masyarakat.

Pelaksanaan kode etik program ini didasarkan pada saling menghormati hak masyarakat lokal, termasuk masyarakat tradisional dan masyarakat sekitar wilayah operasional perusahaan. Perusahaan juga menggabungkan dengan pemerintah daerah untuk menghormati budaya, meminimalkan dampak negatif serta memungkinkan pemindahan keuntungan dan meningkatkan peluang bagi pembangunan ekonomi daerah setempat.

Pada pelaksanannya, PT PLN Enjiniring telah memberikan kontribusi terbaiknya dalam mendukung program CSR, baik yang berhubungan dengan pendidikan, kesehatan, pengembangan komunitas, maupun bantuan untuk fasilitas sosial dan umum lainnya. Berikut adalah beberapa program CSR PT PLN Enjiniring yang telah dilakukan pada kurun waktu 3 tahun terakhir:

PLNE Salurkan Bantuan untuk Pendidikan Anak Melalui Program CSR Community Development
Jakarta - PLNE Salurkan Bantuan untuk Pendidikan Anak Melalui Program CSR Community Development di TPA Berkah Menyapa pada Rabu (24/08). Program yang fokus pada pendidikan tersebut merupakan bentuk dari tanggung jawab sosial dan lingkungan atau Corporate Social Responsibility (CSR) PLNE di sekitar wilayah kerja.

Adapun dalam kegiatan tersebut, PLN Enjiniring memberikan bantuan sarana pembelajaran berupa Komputer All in One, Kipas Angin, Jam Dinding, Rak Buku, Papan Tulis dan Rak Sepatu.

Program CSR Community Development yang fokus pada Pendidikan tersebut merupakan bentuk nyata komitmen PLNE yang peduli terhadap peningkatan Pendidikan masyarakat khususnya di sekitar domisili Perusahaan.

Melalui program CSR tersebut, serta program CSR lainnya, PLNE berkomitmen akan terus menjalankan peran tanggung jawab sosial perusahaan dengan sebaik-baiknya.

Peduli Pendidikan Anak, PLN Enjiniring Lakasanakan Program CSR di TK Al Irsyad Al Islamiyyah
PLN Enjiniring melalui Sub Bidang Kinerja dan Komunikasi menyalurkan bantuan pendidikan ke TK Al Irsyad Al Islamiyyah, Jakarta pada Kamis (11/08). Program yang fokus pada pendidikan tersebut merupakan bentuk dari tanggung jawab sosial dan lingkungan atau Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Enjiniring di sekitar wilayah kerja.

Adapun dalam kegiatan tersebut, PLN Enjiniring memberikan sarana pembelajaran berupa Laptop, Proyektor dan Printer.

Manajer Kinerja dan Komunikasi PLN Enjiniring, Amerikanuddin Zulkifli menyampaikan, program CSR tersebut merupakan komitmen PLN Enjiniring untuk peduli terhadap Pendidikan masyarakat. “Program CSR Pendidikan merupakan bentuk nyata komitmen PLN Enjiniring untuk peduli terhadap peningkatan Pendidikan masyarakat khususnya di sekitar domisili Perusahaan. Semoga bantuan tersebut bisa meningkatkan kualitas pendidikan usia dini di Indonesia.” ungkap Amerikanuddin.

Disamping itu, Kepala Sekolah TK Al Irsyad Al Islamiyyah, Nurhasanah juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian PLN Enjiniring pada Pendidikan anak khususnya di lingkungan kantor wilayah kerja. “Kami selaku pengurus TK Al Irsyad Al Islamiyyah mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN Enjiniring yang telah mambantu dengan tulus melalui sarana Pendidikan ini, semoga PLN Enjiniring selalu maju kedepannya ” pungkas Nurhasanah.

Sebagai konsultan enjiniring ketenagalistrikan, PLN Enjiniring tidak hanya menjadi perusahaan yang bergerak di bidang konsultan saja, namun juga ikut berkontribusi dalam memecahkan masalah Pendidikan melalui program CSR.

CSR PLNE: Membangun Negeri Melalui Pendidikan, PLN Enjiniring Memberikan Bantuan Fasilitas Pendidikan ke SMP Yayasan Pendidikan Bangkanai
Barito Utara – Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan di daerah 3T, PLN Enjiniring memberikan bantuan fasilitas pendidikan untuk sekolah rintisan, SMP Yayasan Pendidikan Bangkanai, pada Jumat (25/3). Melalui program CSR tersebut, PLN Enjiniring memberikan bantuan peralatan penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah, yaitu berupa 1 set komputer, printer, lemari file, sound system, LCD Proyektor, dan peralatan olahraga. Penyerahan bantuan diwakili oleh Sekretaris Perusahaan PT PLN Enjiniring, Fajar Suroyo, kepada Kepala Sekolah SMP Yayasan Pendidikan Bangkanai, Marindu.

SMP Yayasan Pendidikan Bangkanai merupakan SMP rintisan yang dibangun di sekitar lokasi CNG Plant Bangkanai, tepatnya di Desa Karendan, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Dengan adanya SMP ini, warga sekitar tidak perlu lagi menempuh jarak yang jauh untuk menempuh pendidikan SMP. Meski adanya sekolah ini mempermudah warga untuk melanjutkan pendidikan dari SD ke SMP, namun SMP yang berdiri di dekat pusat Desa ini masih kekurangan fasilitas penunjang kegiatan belajar. Karena itu, melalui kegiatan CSR yang dilakukan oleh PLN Enjiniring ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan akan fasilitas pendidikan di SMP Bangkanai.

Pada saat meninjau lokasi SMP, Sekretaris Perusahaan PLN Enjiniring, Fajar Suroyo mengungkapkan keinginan Direksi PLN Enjiniring untuk dapat terus mendukung pengembangan pendidikan di wilayah 3T, khususnya untuk warga di sekitar CNG Bangkanai. Melengkapi pernyataan tersebut, Vice President Pengusahaan PLN Enjiniring, Ibrahim, juga turut menuturkan harapannya agar anak-anak di sekitar dalam belajar dan menempuh pendidikan tinggi sehingga ke depannya dapat menjadi generasi penerus yang turut mengambil peran dalam pengoperasian CNG Plant Bangkanai.

Melalui kegiatan CSR yang dilakukan oleh PLN Enjiniring diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Desa Karendan sehingga ke depannya perkembangan sosial ekonomi masyarakat sekitar turut meningkat.

CSR Bantuan Alat Kesehatan
Sebagai bukti kepedulian terhadap isu kesehatan, PLN Enjiniring bersama PLN Group secara serentak menyalurkan bantuan Alat Kesehatan Swab Antigen untuk penanggulangan Covid-19 di Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Adapun penyaluran bantuan tersebut dihadiri oleh EVP Komunikasi Korporat dan CSR PT PLN (Persero) Kantor Pusat, Agung Murdifi, dan perwakilan dari Anak Perusahaan yang ikut berpartisipasi, seperti PT Pembangkitan Jawa Bali, PT Indonesia Power, PT PLN Batubara, PT Haleyora Power, PT Indonesia Comnets Plus, PT Pelayaran Bahtera Adhiguna dan tentunya PLN Enjiniring.

Melalui kegiatan tersebut, selain fokus pada isu kesehatan, PLN Enjiniring bersama PLN Group berkomitmen untuk menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan demi terwujudnya pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Sinergi Membangun Negeri: PLN Enjiniring bersama PLN Tarakan melaksanakan CSR Pembangunan Jalan di Daerah 3T
Barito Utara - Sebagai wujud implementasi Tanggung Jawab Sosial Lingkungan perusahaan, dan guna mendukung tercapainya Sustainability Development Goals, PLN Enjiniring bersama PLN Tarakan melaksanakan program CSR Pembangunan Jalan di Desa Luwe, Barito Utara, Kalimantan Tengah pada Selasa (03/08). Andil PLN Enjiniring dan PLN Tarakan dalam membangun sarana dan fasilitas umum di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) tersebut, diwujudkan dalam pemberian bantuan dana sebesar Rp 42.000.000.

Adapun dana yang disalurkan pada Selasa (03/08) tersebut bertujuan untuk membantu pembangunan jalan desa yang berlokasi di sekitar kawasan site CNG Plant Bangkanai, terutama di Kecamatan Lahei dan Lahei Barat.

Agustinus Parulian selaku PLT Manajer Plant CNG PLN Enjiniring menyerahkan langsung dana bantuan tersebut kepada Bendahara Panitia Pembangunan Jalan, Iskandar. Dalam kesempatan tersebut, Agus menyampaikan harapannya agar dengan adanya CSR ini dapat memudahkan mobilitas penduduk dari Muara Teweh ke site CNG, khususnya penduduk di sekitar CNG Plant Bangkanai. Agus juga menyampaikan, pembangunan jalan bukan hanya mempermudah mobilitas, namun juga membuka kesempatan ekonomi baru bagi warga setempat.

Melalui kegiatan CSR yang dilakukan olehi PLN Enjiniring dan PLN Tarakan ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas jalan desa setempat, serta mempermudah kegiatan masyarakat di Bangkanai, baik dari segi ekonomi dan sosial yang berkelanjutan.

Program Pembangunan PAUD di Desa Karendan, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara (Sekitar Lokasi Proyek CNG Plant Bangkanai)
PT PLN Enjiniring tetap berkomitmen untuk memberikan bantuan terkait pembangunan fasilitas pendidikan. Program tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap daerah Terpencil, Tertinggal dan Terdepan (3T). Pada program yang dimaksud, PT PLN Enjiniring salurkan bantuan dana untuk pembangunan PAUD melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) ke Desa Karendan, Lahei, Barito Utara.

CSR Bantuan Pembangunan PAUD tersebut merupakan program CSR yang dilaksanakan secara bertahap oleh PT PLN Enjiniring. Pada tahap I tahun 2018 sebelumnya, PT PLN Enjiniring telah memberikan bantuan dana untuk pendirian pondasi bangunan sekolah PAUD. Disambung pada tahap II yang dilaksanakan pada tahun 2019 silam, PLNE memfokuskan untuk membangun dinding dan atap bangunan sekolah.

Pada tahap III yang dilaksanakan pada tahun 2020 ini, PT PLN Enjiniring semaksimal mungkin akan menyelesaikan program mulia ini. Sehingga generasi emas Indonesia di daerah 3T yang dimaksud dapat menjalankan pendidikan usia dini dengan baik.

Melalui program CSR tersebut, PT PLN Enjiniring bertekad untuk mampu memberikan kontribusi terbaik dalam bidang pendidikan di lokasi proyek maupun lokasi strategis lain nantinya, sehingga kesejahteraan dan pembangunan masyarakat yang cerdas dapat terwujud untuk Indonesia yang Lebih Baik.

Penyerahan Bantuan Alat Pelindung Diri untuk Penanggulangan Covid-19 Tahap I (PLTGU Muara Tawar)

Sebagai wujud kepedulian terhadap penanggulangan COVID-19, PT PLN Enjiniring lakukan rangkaian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) secara bertahap. Pada Senin (13/04), PT PLN Enjiniring telah menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) ke lokasi sekitar proyek PLNE yakni PLTGU Muara Tawar, tepatnya di Desa Segarajaya, Bekasi.

Adapun bentuk bantuan yang disalurkan yakni berupa Thermometer Infra Red, Masker, Hand Sanitizer serta Sabun Cuci Tangan.

Kegiatan tersebut dilakukan secara mandiri oleh Tim PLNE Peduli dan berkoordinasi dengan Pemerintah setempat dengan tetap memenuhi prinsip penanggulangan COVID-19.

Kepala Desa Segarajaya juga turut mengucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasi PLNE dalam memberikan bantuan kepada masyarakat setempat.

Rencana ke depan PLNE juga akan menyalurkan kembali bantuan melalui kegiatan CSR serupa guna mendukung penanggulangan COVID-19.

Penyerahan Bantuan Alat Pelindung Diri untuk Penanggulangan Covid-19 Tahap II (Puskris Kemenkes)

Melalui program kesehatan yang telah dicanangkan, PT PLN Enjiniring mendukung penuh program Pemerintah dalam menanggulangi COVID-19. Dukungan tersebut diwujudkan dalam bentuk pemberian bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke Pusat Krisis Kementerian Kesehatan RI pada Kamis (23/04). Kegiatan CSR tersebut merupakan lanjutan dari program PLNE Peduli terkait Penanggulangan COVID-19.

Adapun dalam kegiatan yang dimaksud, PT PLN Enjiniring memberikan bantuan berupa Baju Hazmat APD, Safety Google, 3M Masker N95, Faceshield, Sepatu Boot APD, Sarung Tangan Medis, Nurse Cap, dan Hand Sanitizer.

Kegiatan tersebut dilakukan secara mandiri oleh Tim PLNE Peduli dan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI dan Pusat Krisis Kementerian Kesehatan RI.

Eri Gunawan, selaku Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum yang menerima langsung bantuan tersebut, turut mengucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasi PLNE dalam memberikan bantuan kepada Pemerintah.

Program Hari Raya Qurban Pada Proyek PLTGU Muara Tawar

Komitmen PLNE diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan Program CSR Hari Raya Qurban Pada Proyek PLTGU Muara Tawar, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat di tahun 2019. Pada pelaksanaan program CSR Hari Raya Qurban Pada Proyek PLTGU Muara Tawar tersebut berkoordinasi dengan Manajer Senior Konstruksi PLNE dan Karyawan PLNE yang berada di site PLTGU Muara Tawar.

Pelaksanaan program CSR Hari Raya Qurban Pada Proyek PLTGU Muara Tawar tersebut termasuk dalam kegiatan External Relations yang merupakan bagian dari program CSR Perusahaan. Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan komitmen PLNE terhadap kemaslahatan masyarakat di sekitar lingkungan proyek PLNE.