PLN Group Bersinergi: Peduli Pajak Penghasilan

admin_humas1, 15 Apr 2019


PLN Enjiniring bersama seluruh Anak Perushaan dari PT. PLN (Persero) mengadakan pembahasan pajak penghasilan guna membangun sinergitas antar sesama pada Senin (15/4) di Menara Enjiniring.

 

Fokus Acara

Pajak penghasilan menjadi hal yang penting dalam suatu perusahaan, mengingat pajak yang dimaksud sangat menentukan pelaporan pajak PPH Badan di akhir tahunnya. Sebagai sarana untuk membangun sinergitas antar sesama Anak Perusahaan (AP) PLN, Alfi Zamzani selaku Direktur Keuangan dan SDM PLN Enjiniring menginisiasi acara “Pembahasan Pajak Penghasilan Terkait Sinergi Anak Perusahaan PT. PLN (Persero)” di Menara Enjiniring pada Senin (15/4).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan kesepahaman antar masing-masing AP, sehingga perbedaan pemahaman terkait pemotongan pajak penghasilan bisa dihindari. Seperti yang dikatakan oleh Nadya Merisya, selaku Assistant Manager Akuntansi Umum PLN Enjiniring, “fokus acara tersebut agar tidak terjadi lagi perbedaan pemahaman dalam pemotongan pajak penghasilan, baik final maupun non final antar sesama AP”.



Turut andil dalam pembahasan terkait pajak, Kantor Pelayanan Pajak sangat terbuka dalam memberikan sosialisasi terkait pajak tersebut kepada seluruh AP PLN itu sendiri. Selain iu Kepala Seksi PO beserta Account Representative (AR) masing-masing AP juga turut serta menyampaikan materi terkait. Adapun materi yang disampaikan juga cukup beragam, diantaranya Materi PPH 23, Materi PPH 4(2), Materi Pajak Pertambahan Nilai, Materi Persiapan Penyusunan Pelaporan PPH Badan.

Berita Acara

Menindaklanjuti itu semua, seluruh AP PLN sepakat untuk membuat Berita Acara sebagai sarana untuk menyatukan kesepahaman dalam kelancaran proses bisnis masing-masing perusahaan nantinya. Berita Acara yang dimaksud berisikan tentang ruang lingkup pekerjaan, termasuk terutang pajak dari masing-masing perusahaan. Itu semua dilakukan agar masing-masing AP tahu ruang lingkup pekerjaannya dan akan lebih paham mengenai kebijakan pemotongan pajak demi menghindari kesalahan yang tidak diinginkan. Selain itu konsultasi dan konfirmasi juga ditekankan, terkhusus dalam menentukan pemotongan pajak, mengingat setiap perusahaan memiliki lingkup kerja masing-masing. Selain itu harapannya acara tersebut bisa mengedukasi seluruh pegawai khususnya Bidang Akuntansi, Pajak dan Asuransi PLN Enjiniring untuk menambah pemahaman terkait pajak pengaman nilai, menghindari denda pajak serta persiapan untuk pelaporan pajak  PPH Badan tahun 2018.

    Komentar

    Sedang mengirim